Recount Text

Hasil gambar untuk materi recount text kelas 8

Pernahkah kalian memiliki pengalaman yang menarik dan menceritakannya kembali ke teman-teman kalian? Nah, Situasi tersebut dalam bahasa inggris memiliki nama genre text sendiri, yaitu Recount Text. Apa sih definisi dari recount text yang sebenarnya? Lalu bagaimana tata bahasa (generic structure) dalam recount text? Juga apa ciri - ciri recount text? Yuk daripada banyak pertanyaan lagi mending kita langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Definisi Recount Text

Coba kalian cek pada kamus apa itu recount. Menurut kamus, kata 'Recount'memiliki arti menceritakan. Jadi Recount text dapat diartikan sebagai 'Text yang menceritakan'. Maka Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi di masa lampau yang pernah di alami sebelumnya. Kita mungkin pernah mendengar sebelumnya dari guru kita bahwa Recount Text adalah sebuah cerita pengalaman yang benar - benar terjadi di dalam kehidupan kita. Lalu, tujuan dari Recount text itu sendiri adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca.

Ciri-Ciri Recount Text
  • Memiliki judul yang merangkum teks. Contohnya 'My Vacation to Bali' maka ceritanya hanya akan menceritakan seluruh liburan saat berada di bali
  • Menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau. Maka Recount text selalu menggunakan past tense, contohnya 'Last month, I went to Bali with my family.
  • Semua kejadian yang di ceritakan harus secara berurutan. Jadi, harus memakai kata sambung seperti 'when', 'later', 'then', 'after', 'before', dan lain lain.

Generic Structure dari Recount Text
Generic structure atau struktur kebahasaan dari Recount Text ini terbagi kedalam 3 susunan, yaitu :
  • Orientation
    Bagian Orientation merupakan bagian pendahuluan atau perkenalan dari text yang akan dibahas. Karena di dalam Orientation ini menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan waktu terjadinya peristiwa.
  • Events
    Bagian Event merupakan inti dari cerita. Pada bagian ini kita menceritakan semua yang terjadi secara berurutan dari awal  sampai selesai
  • Re-orientation
    Bagian Re-orientation berisi kesimpulan dari isi cerita, atau bisa juga merupakan pendapat pribadi dari si pencerita. Re-orientation ini bisa disebut juga akhir atau penutup dari cerita.

Dibawah ini adalah beberapa contoh dari Recount Text:

contoh recount text pendek - tiket bioskop

Contoh Recount Text Pendek – Tiket Bioskop

Orientation
Last week I went to the theatre. It was the only theatre at my town.
I had 1 free ticket to watch a movie.
I had no idea about the movie I would like to watch and I did not know the schedule of that theatre. So that, I just wanted to come and see if there was any good movie.

Events

I parked my motorcycle at the parking area and I walked slowly at the hall of the theatre.
I took my ticket on my wallet and go to the information section to ask about how to use the ticket that day.
Unfortunately, I missed it. The ticket was already expired 2 days before.

Re-orientation

I went home and I was very disappointed about that.

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Recount Text Pendek – Tiket Bioskop

Orientasi (Pembuka)

Minggu lalu aku pergi ke bioskop. Bioskop itu merupakan satu-satunya bioskop yang ada di kotaku.
Aku memiliki satu tiket gratis untuk menonton satu judul film.
Aku tidak tahu film apa yang akan aku tonton dan aku sama sekali tidak tahu jadwal film yang akan ditayangkan di bioskop itu. Maka dari itulah, aku hanya ingin datang saja dan melihat-lihat jikalau ada film yang bagus.

Events (Isi)

Aku memarkir motorku di area parkir lalu berjalan perlahan di hall bioskop itu.
Aku keluarkan tiketku dari dalam dompet lalu pergi menuju ke bagian informasi untuk menanyakan penggunaan tiket tersebut.
Sayang sekali, aku melewatkan kesempatan tersebut. Tiketku telah hangus sejak dua hari sebelumnya.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Aku pulang ke rumah dan sangat kecewa dengan kejadian itu.

Contoh Recount Text Singkat - Pencuri

contoh recount text singkat - pencuri

Orientation

Three days ago, I went to the traditional market to buy some fruits and vegetables.
In that market, I saw an accident, there was a thief beaten by a lot of people. It was so terrible. I didn’t want to take closer and see.
A few minutes later, police came and took him.

Events

I asked to the fruit seller what had happened actually and she said that the thief tried to steal someone’s wallet but he was unlucky.
Someone saw him and shouted loudly and suddenly some people roughed him up hardly.

Re-orientation

It was a pity event and I hoped it would never happen again.

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Recount Text Singkat - Pencuri

Orientasi (Pembuka)

Tiga hari yang lalu aku pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa buah-buahan dan sayuran.
Di pasar tersebut aku melihat kejadian suatu musibah, seorang pencuri dihajar masa. Peristiwa itu sangat mengerikan. Aku tidak ingin pergi mendekat untuk melihatnya.
Beberapa menit kemudian polisi datang dan mengamankan pencuri itu.

Events (Isi)

Aku bertanya pada penjual buah tentang peristiwa itu dan penjual tersebut menjelaskan kalau ada pencuri yang mencoba mencuri dompet seseorang dan ia tidak beruntung.
Seseorang melihat aksinya lalu berteriak kencang dan tiba-tiba beberapa orang menghajar pencuri tersebut hingga babak belur.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Peristiwa itu sungguh menyedihkan dan aku berharap hal semacam itu tak akan terulang lagi.

Teks Recount Bahasa Inggris – Mendaki Gunung Merapi

teks recount bahasa inggris - mendaki gunung merapi
via unycommunity.com

Orientation

Two days ago I went to the Merapi Mountain. It was the first time I climbed the mountain. I did it with some of my friends.
We start climbing at 8 p.m. It was so dark and we only used flashlight to get the way.
I felt no worry because all of my friends were professional climber. I just followed their instruction.

Events

We climbed slowly and enjoy the night there.
After 7 hours walking in the dark, we could reach the top of the mountain. It was at 3 a.m. early in the morning.
We were not alone. There were a lot of people who reached that top before us.
We waited the sun rises by cooking some food and making some hot drink to get back our energy. We sang some songs together, shared stories and got acquainted with people there.
After seeing the sun raised, we had to go back home. Getting down the mountain was not as hard as the climbing process because we only spent a few energy and time even we had to be more careful to do this process.
However, it was great experience i had ever done so far.

Re-orientation

After all, that was my great experience I had ever have.
# # # # #

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Teks Recount Bahasa Inggris – Mendaki Gunung Merapi

Orientasi (Pembuka)

Dua hari yang lalu aku pergi ke gunung Merapi. Itu merupakan pertamakalinya aku akan melakukan pendakian gunung. Aku melakukannya bersama dengan teman-temanku.
Kami mulai melakukan pendakian pada pukul 8 malam. Situasi sangat gelap gulita dan kami hanya menggunakan lampu senter untuk mencari jalur pendakian.
Aku tidak merasa khawatir karena teman-temanku merupakan para pendaki profesional. Aku hanya tinggal mengikuti instruksi mereka saja.

Events (Isi)

Kami mendaki perlahan-lahan dan menikmati waktu kami di sana.
Setelah 7 jam perjalanan naik, akhirnya kami sampai di puncak gunung. Jam menunjukkan pukul 3 pagi.
Ternyata kami tidak sendirian. Banyak orang yang ternyata sudah sampai di puncak gunung sebelum kami datang.
Kami menunggu matahari terbut sambil memasak makanan dan membuat minuman hangat untuk mengembalikan tenaga kami. Kami juga bernyanyi bersama, bertukar cerita serta berkenalan dengan orang-orang baru di sana.
Setelah menikmati matahari terbit, kami harus segera pulang. Turun gunung tidak secapek pendakian, kami hanya butuh sedikit tenaga dan waktu namun kami harus melakukannya dengan hati-hati.
Bagaimanapun juga, pengalaman tersebut merupakan pengalaman mengesankan yang pernah aku alami sejauh ini.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Selebihnya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman hebat yang pernah aku alami.

Contoh Teks Recount Dalam Bahasa Inggris - Memancing

contoh teks recount dalam bahasa inggris - memancing

Orientation

Yesterday l was going to the lake. It was the nice time for fishing because I had no work to do.
I wake earlier at the morning then I went to the market place to buy some shrimps which I used for fishing bait. After that, I went to the lake to start fishing.

Events

At that lake, I looked for the best point to fish. I went to the place under the big tree at the bank of the lake.
I threw my hook as far as I can then I wait for the fish eating my bait. 30 minutes left and finally there was a fish ate my bait. It was the first big enough fish that I got.
I got 10 big fish and 3 small fish at that day. I was so happy.
I would cook that fish at home and then I would call my friends to come to my home then we would have a small party.
But I was not lucky enough because on the way home I saw a beggar. He was an old poor beggar.
I gave all of my fish to him and I wish he would be happy getting that fish. Perhaps he could sell them at the market and get some money to buy some food.

Re-orientation

Even I did not have any fish after that, I was so happy because I could help people.
# # # # #

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Teks Recount Dalam Bahasa Inggris - Memancing

Orientasi (Pembuka)

Kemarin aku pergi ke Danau. Hari itu merupakan hari yang tepat untuk memancing karena aku sedang libur kerja.
Aku bangung pagi-pagi lalu pergi ke pasar untuk membeli beberapa ekor udang yang akan aku gunakan sebagai umpan. Setelah itu, aku menuju ke danau dan mulai memancing.

Events (Isi)

Di danau itu, aku mencari tempat terbaik untuk memancing. Aku pergi menuju sebuah tempat di bawah pohon besar di tepi danau.
Aku melempar kailku sejauh mungkin lalu menunggu ikan memakan umpanku. 30 menit berlalu dan akhirnya ada seekor ikan yang makan umpanku. Ikan itu merupakan ikan pertamaku yang berukuran lumayan besar.
Aku mendapatkan 10 ekor ikan berukuran besar dan 3 ekor berukuran kecil pada hari itu. Aku sangat senang.
Aku akan memasak ikan-ikan tersebut di rumah lalu aku akan menelfon beberapa temanku agar datang ke rumah dan pesta kecil-kecilan.
Tetapi aku agak kurang beruntung karena di tengah perjalanan pulang aku melihat seorang pengemis. Seorang pengemis tua.
Aku memberikan semua ikan hasil tangkapanku kepada pengemis itu dan aku berharap ia senang menerimanya. Mungkin ia bisa menjual ikan-ikan itu di pasar dan mendapatkan uang untuk membeli makanan.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Meski aku tidak mempunyai ikan setelahnya, aku sangat senang karena aku bisa membantu orang lain.

Contoh Teks Recount Tentang Lebaran – Mengunjungi Kakek Nenek

contoh teks recount tentang lebaran - mengunjungi kakek nenek

Orientation

Last year holiday of Lebaran I went to Surabaya visiting my grandmother and grandfather.
I had to go there because the previous holiday I wasn’t there.

Events

I missed them so much because I lived with them when I was a child.
At that time both of my parents had to go to another city to earn money so they left me with my grandma and grandpa.
After graduated from junior high school, I follow my parents living at Jakarta. Since that, I had visited them only at holiday time.
Unfortunately, I didn’t have any ticket of either train and plane so that I went to Surabaya by bus. It was so tiring because the traffic was too crowded and stagnant.
Normally, the trip needs around 24-28 hours but my trip at that time took 40 hours from Jakarta to Surabaya. That made me mad.

Re-orientation

The madness and tiredness during the trip had gone after I met my grandma and grandpa. They were looked old. I was so happy knowing them in healthy condition.
# # # # #

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Teks Recount Tentang Lebaran – Mengunjungi Kakek Nenek

Orientasi (Pembuka)

Lebaran tahun lalu aku pergi ke Surabaya untuk mengunjungi kakek dan nenekku.
Aku harus pergi ke sana karena lebaran sebelumnya aku tidak bisa berada di sana.

Events (Isi)

Aku sangat merindukan mereka karena sejak aku kecil aku tinggal bersama mereka.
Waktu itu, kedua orangtuaku harus bekerja ke kota lain sehingga mereka menitipkanku pada kakek dan nenekku.
Setelah lulus SMP aku menyusul kedua orangtuaku tinggal di Jakarta. Sejak saat itu, aku hanya mengunjungi kakek nenekku hanya setiap liburan saja.
Sayang sekali, aku tidak mendapatkan tiket pesawat atau kereta untuk berangkat dan oleh karenanya aku pergi ke Surabaya dengan mengendarai bis umum. Hal itu sangat melelahkan karena jalanan sangat padat dan macet.
Normalnya, perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 24-28 jam saja namun karena arus mudik lebaran perjalananku dari Jakarta sampai Surabaya membutuhkan waktu sekitar 40 jam. Hal itu membuatku gila.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Kelelahan dan kegilaan selama perjalanan terobati tatkala aku bertemu dengan kakek dan nenekku. Mereka telah tampak tua. Aku sangat senang karena mereka masih dalam keadaan sehat.

Recount Text Holiday - Yogyakarta

recount text holiday - yogyakarta

Orientation

That day was August 23, 2016. A week before that day I had been preparing everything. Then, at that day i was ready for my holiday.
At 9 in the morning, I went to the station. The train would arrive at 10 a.m. It took 30 minutes walking from my home to the station. At that station, I bought the ticket to go to Yogyakarta.

Events

It took around 5 hour to go to Yogyakarta from Tulungagung by train.
I arrived in Tugu Station Yogyakarta at 3.15 pm. I had no fix idea about the places at which I would visit. So, I was free to do anything in this city.
At first, I went walking around at Malioboro Street. I saw so many people in this street. Perhaps, they did the same thing as I did, just walking and sometimes stopped at some street marchandise sellers a long that road.
At 6 p.m, i was tired and hungry. I was at Alun-Alun Kidul, the south side of Yogyakarta Palace.
I looked around and find Angkringan, at that place I ordered for a glass of ice tea and ate some Sego Kucing with Sate and also Gorengan.
After eating, I began to think of where I would get the cheap hotel to stay for several days in Yogyakarta.

Re-orientation

That was my story which I always remember about my holiday at Yogyakarta.

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Recount Text Holiday - Yogyakarta

Orientasi (Pembuka)

Hari itu tanggal 23 Agustus 2016. Seminggu sebelumnya, aku telah mempersiapkan segalanya. Dan pada hari itu, aku telah siap untuk berangkat liburan.
Pada pukul 9 pagi aku berangkat ke stasiun. Dari rumah menuju stasuin kurang lebih butuh waktu 30 menit berjalan kaki. Sesampainya di stasiun, aku membeli sebuah tiket untuk pergi ke Yogyakarta.

Events (Isi)

Perjalanan kereta dari Tulungagung ke Yogyakarta menempuh waktu sekitar 5 jam.
Kereta berhenti di stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 3.15 sore hari. Aku tidak punya tujuan pasti untuk tempat-tempat yang akan ku kunjungi. Oleh karena itulah aku bisa merasa bebas untuk bepergian kemanapun di kota ini.
Pertama-tama yang aku lakukan adalah berjalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro. Aku melihat banyak orang di sana. Mungkin mereka juga melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan, yaitu jalan-jalan dan sesekali berhenti di penjual barang kerajinan di sepanjang jalan tersebut.
Pada pukul 6 sore, aku merasa sangat lelah dan lapar. Aku sedang berada di Alun-Alun kidul, sebelah selatan Kraton Yogyakarta.
Aku melihat-lihat ke sekeliling dan menemukan sebuah angkringan. Di angringan tersebut aku memesan segelas es teh dan makan beberapa nasi kucing, sate, serta gorengan.
Setelah makan, aku baru mulai memikirkan untuk mencari hotel murah untuk menginap selama beberapa hari di Yogyakarta.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Itulah kisahku yang akan selalu ku ingat tentang liburanku di Yogyakarta

Contoh Teks Recount Liburan ke Rumah Nenek - Belajar Bertani

contoh teks recount liburan ke rumah nenek - belajar bertani

Orientation

The last holiday i went to my grandma’s home.
Her home is quite awesome, so far away from the city and close to the vegetables farm area. My grandma and grandpa are farmers.
I spent two days there and I did so many interesting things in the farm, helping my grandpa planted vegetables.

Events

At the first day, I learned to plant spinach. What I did was moving out the young spinach from the seeding area to the plantation area.
I thought it was easy, but in fact, it was tiring. I had to move those one by one under the sun. I did that for several hours before launch and continued until afternoon.
In the night, i didn’t want anything except sleeping. I was really tired but it was fun.
I couldn’t wake up in the morning until my grandma knocked at my door. He laughed at me because what I did was not hard actually if compared with the real farmer.
Then, before we went to the farm again, my grandma had prepared for breakfast. After eating I follow my grandpa going to the next field.
We would do daily treatment for the 1 month age spinach. We had to give them enough water and checked if there were any caterpillars and grasshoppers.

Re-orientation

At the third day, I had to back home. I was sad to leave my grandma and grandpa. But, that’s fine because the next holiday I would go there and see them again.
# # # # #

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Teks Recount Liburan ke Rumah Nenek - Belajar Bertani

Orientasi (Pembuka)

Terakhir kali aku liburan, aku berkunjung ke rumah nenek.
Rumahnya cukup keren, jauh dari perkotaan dan sangat dekat dengan area pertanian sayur. Kakek dan nenekku adalah seorang petani.
Aku menghabiskan dua hari menginap di sana dan aku juga melakukan banyak hal menarik di sawah, membantu kakekku menanam sayuran.

Events (Isi)

Pada hari pertama, aku belajar menanam bayam. Yang aku lakukan adalah memindahkan bibit bayam dari media penyemaian ke area penanaman.
Kukira hal itu mudah dilakukan, ternyata, menanam bibit bayam sangat melelahkan. Aku harus memindahkannya satu persatu dibawah terik matahari yang panas. Aku melakukannya beberapa jam sebelum makan siang, lalu melanjutkannya sampai sore hari.
Pada malam harinya, tak ada yang ingin kulakukan kecuali tidur. Aku sangat lelah namun yang kulakukan sangat menyenangkan.
Aku tidak bisa bangun di pagi harinya sampai nenekku mengetuk pintu. Dia menertawakanku karena yang aku lakukan sebenarnya tidak seberapa jika dibandingkan dengan yang dikerjakan petani sungguhan.
Kemudian, sebelum kami berangkat ke sawah lagi, neneku telah menyiapkan sarapan. Setelah sarapan aku mengikuti kakekku pergi ke sawah berikutnya.
Kami akan melakukan perawatan rutin pada tanaman bayam yang telah berumur satu bulan. Kami menyiraminya dan mengecek jika ada ulat atau belalang.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Di hari ketiga aku harus pulang. Aku merasa sedih karena harus meninggalkan kakek dan nenekku. Tapi tidak apa-apa karena liburan berikutnya aku akan mengunjungi kakek neneku lagi.

Contoh Recount Text Tentang Liburan di Rumah – Membuat Kolam Ikan

contoh recount text tentang liburan di rumah - membuat kolam ikan

Orientation

At last year holiday I didn’t go anywhere.
I just stay at home for the whole month. It was not too bad to spend the holiday at home because I had something to do. I did a small project building a small fishpond at home.

Events

What I need is river sand, cement, and some tools. I choose the middle space of my yard. After that, I made the design.
Anyway, I would like to keep some koi fish at that fishpond, so that I had to make the design as well as I can. I preferred to choose the nature landscape as the model.
I did it alone, day and night. I was so happy to do that.
After two weeks, I finished it. It was a small beautiful fishpond with nature landscape designed.
Before I put on it some koi fish, I fill the water and waited for about two weeks to make sure that the fishpond was free from poison.
Finally, I bought 5 koi fish and keep them at my new fishpond.

Re-orientation

It was a nice thing to spend the holiday at home.
# # # # #

Terjemahan Bahasa Indonesia (Arti) Contoh Recount Text Tentang Liburan di Rumah – Membuat Kolam Ikan

Orientasi (Pembuka)

Pada waktu liburan tahun lalu aku tidak bepergian.
Aku hanya menghabiskan waktuku di rumah selama satu bulan. Hal itu bukanlah hal buruk karena aku memiliki kegiatan untuk dilakukan. Aku punya proyek kecil membuat kolam ikan di rumah.

Events (Isi)

Yang aku butuhkan hanyalah pasir bangunan, semen, dan beberapa alat bangunan. Aku memilih bagian tengah dari halaman rumahku untuk dibangun kolam ikan. Setelah itu aku membuat desain.
Rencananya, aku aka memelihara beberapa ekor ikan koi, oleh karena itu aku membuat desain secantik mungkin yang aku bisa. Aku memilih pemandangan alami sebagai model.
Aku mengerjakan proyek itu sendirian, siang dan malam. Aku sangat senang melakukannya.
Aku menyelesaikannya dalam waktu dua minggu. Akhirnya aku memiliki kolam ikan dengan desain pemandangan alami.
Sebelum aku memasukkan beberapa koi ke dalam kolam itu, terlebih dahulu aku mengisinya dengan air dan menunggunya selama dua minggu untuk memastikan bahwa air tersebut benar-benar bebas dari racun.
Dan pada tahap terakhir, aku membeli 5 ekor ikan koi dan memeliharanya dalam kolam ikan baruku.

Re-orientasi (Kesimpulan)

Hal itu merupakan pengalaman menyenangkan untuk menghabiskan liburan di rumah.
# # # # #
Now, it's your time to write your own personal recount text. You may add photo(s) to make your writing more attractive for your readers.